Peneliti: PC dan Android Rentan Serangan Siber via Bluetooth

Lampost.co -- Armis Security telah menemukan kelemahan baru di komputer dan perangkat mobile yang membuatnya rentan akan serangan melalui Bluetooth.

Eksploitasi yang dinamai "BlueBorne" ini tidak memerlukan izin dari pengguna atau terhubung ke perangkat untuk mengeksploitasi sistem. Ia dapat terhubung ke perangkat dari jarak jauh dan mengakses jaringan perangkat atau bahkan memasang malware.

Armis telah mengungkapkan akan bahaya ini pada pihak-pihak yang bersangkutan pada bulan April. Namun, hingga saat ini, sebagian besar perangkat Android masih belum mendapatkan update untuk menutup celah keamanan ini, lapor Engadget.

Ada beberapa versi sistem operasi mobile yang masih bisa diserang menggunakan eksploitasi ini. Seperti yang disebutkan oleh Armis, BlueBorne masih dapat menyerang perangkat yang menggunakan iOS versi 9.3.5 atau lebih lama. Namun, celah ini telah ditutup ketika Apple merilis iOS 10. Sementara itu, kemarin, Microsoft telah meluncukan update untuk semua versi Windows yang akan menutup celah tersebut.

Sayangnya, karena sistem operasi Android digunakan oleh begitu banyak perusahaan dan tanggung jawab update jatuh ke pembuat smartphone, ada kemungkinan kelemahan ini belum ditutup. Google sendiri telah meluncurkan patch perlindungan untuk Android 7.0 Nougat dan 6.0 Marshmallow sebagai bagian dari update keamanan bulan September mereka.

"Kami telah merilis update keamanan untuk masalah ini dan kami akan terus bekerja sama dengan platform lain yang juga terpengaruh untuk mengembangkan perlindungan untuk membuat pengguna tetap aman," ujar juru bicara Google.

Menggunakan Bluetooth, penyerang memang bisa masuk ke sistem perangkat korban tanpa izin. Namun, BlueBorne akan dibatasi oleh pendeknya rentang sinyal Bluetooth. Selain itu, ia hanya akan memengaruhi perangkat yang Bluetooth-nya aktif. 
Share:
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Streaming Youtube

Streaming Radio Sai 100 FM



close
close

Labels

Blog Archive

Visitor Radio Sai 100 FM

Recent Posts