Hadapi Kemarau, Tubaba Siapkan Ratusan Sumur Bor

PANARAGAN (Lampost.co) -- Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) menyiapkan ratusan bangunan sumur bor untuk jaringan air bersih di setiap dusun yang tersebar di 96 tiyuh atau kelurahan di kabupaten setempat.

Sumur bor tersebut disiapkan untuk menghadapi musim kemarau terutama di daerah yang rawan kekeringan. Pembangunan sumur bor tersebut selain didanai dari APBD kabupaten juga didanai dari bantuan dana desa.

"Berdasarkan data pemkab, jumlah sumur bor yang dibangun untuk fasilitas umum jumlahnya sudah ratusan. Artinya, setiap dusun paling minim memiliki satu unit sumur bor," ujar Kadis Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tubaba, Iwan Mursalin, Rabu (13/9/2017).

Dia menjelaskan terkait menghadapi kemarau tahun ini pemkab tidak mengkhawatirkan kekurangan air bersih di lingkungan masyarakat. Sebab, jaringan air bersih ini sudah berjalan dan dikelola secara swadaya.

"Setelah bangunan ini kita bangun, langsung kita serahkan kepada masyarakat. Pengelolaannya menyangkut biaya operasional untuk listrik dan BBM genset yang kita setiapkan," ujarnya kepada.

Berdasarkan pemantauan Lampost.co, memasuki musim kemarau masyarakat Tubaba sudah mulai memanfaatkan jaringan sumur bor yang telah disiapkan pemkab disetiap lingkungan masyarakat. Pembangunan sumur bor tersebut dinilai membantu jaringan air bersih khususnya dimusim kemarau.
"Bangunan sumur bor dari pemkab memang sangat membantu masyarakat. Dapat kita pastikan tidak hujan dua minggu saja masyarakat sudah mengeluhkan kekuragan air bersih, seperti sekarang air bersih mulai dikeluhkan," ujar Bilal, warga Panaraganjaya.
Share:
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Streaming Youtube

Streaming Radio Sai 100 FM



close
close

Labels

Blog Archive

Visitor Radio Sai 100 FM

Recent Posts