Petak Umpet Minako, Dari Forum Kaskus ke Film Panjang

JAKARTA (lampost.co) -- Cerita soal film yang diadaptasi dari novel laris bukan hal langka. Penerimaan pasar komersial memang menjadi faktor penentu pembuat karya dalam mengembangkan medium bercerita. Jalur ini juga yang ditempuh oleh Petak Umpet Minako, drama horor yang berawal di forum internet Kaskus dan kini telah menjadi film panjang komersial.

Pada Juli 2014, pengguna Kaskus bernama alias manhalfgod mengekspos cerita bersambung di forum Stories from the Heart laman Kaskus. Judulnya Petak Umpet Minako. Banyak pengunjung forum tertarik dan menyimak kelanjutan ceritanya. Rak Buku, penerbit buku Ngenest 1-3 karya Ernest Prakasa, juga berminat. Beberapa bulan kemudian, mereka menggandeng halfmangod untuk menerbitkan kisah ini dalam bentuk buku fisik berjudul sama setebal 400 halaman.
"Dari segi penerbitan, kami melihat (kisah) ini potensial untuk dijadikan buku fisik. Ternyata (PUM) memang jadi satu buku best seller kami," kata Ardianto Agung, perwakilan pihak Rak Buku dan salah satu produser film PUM, Senin (4/9/2017).
"Karena ngomongin soal horor, reuni, dan permainan yang seperti dua kultur – petak umpet yang umum di Indonesia dan Minako dari Jepang – (kisah) ini jadi menarik. Kita tertarik untuk bikin (cerita ini jadi) buku waktu itu," imbuhnya.
Menurut Ardi, kisah versi buku juga mendulang respon positif dari sejumlah pembaca. Ada yang sampai membuat peta berisi rangkuman kejadian pembunuhan beserta lokasi di dalam cerita. Pihak penerbit mengaku terkejut ketika para pembaca memberi ulasan beragam sesuai imaji mereka terhadap cerita. Buku telah dicetak tiga kali dengan total eksemplar 15-20 ribu.
Melihat tanggapan yang bagus, medium dan ceruk pasar lain dilirik. Pada 2015, Ardi dan pihak Rak Buku berdiskusi dengan kawan-kawan pembuat film mengenai kemungkinan kisah ini diceritakan lewat medium film.
"Dari segi cerita, bentuk horor, dan brand, Petak Umpet Minako itu menarik. (Sosok) Minako ini juga menarik. Kalau promosi, yang kami angkat selalu karakter Minako karena dia boneka (yang bisa) berbentuk orang berjalan," ujar Ardi.

Sumber : http://www.lampost.co/berita-petak-umpet-minako-dari-forum-kaskus-ke-film-panjang 
Share:
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Streaming Youtube

Streaming Radio Sai 100 FM



close
close

Labels

Blog Archive

Visitor Radio Sai 100 FM

Recent Posts